Cerpen Venny Mandasari (Analisa, 18 Agustus 2019)

Romansa di Balik Topeng Anandita ilustrasi Toni B - Analisaw.jpg
Romansa di Balik Topeng Anandita ilustrasi Toni B/Analisa

Sepertinya aku pernah mengenal dia. Mata bulatnya bening, lehernya jenjang, hidungnya bangir. Sangat cantik. Wajah itu tidak asing bagiku. Tapi di mana aku pernah melihatnya? Belakangan aku tahu dari mama, tetangga baruku itu bernama Anandita.

Mataku melotot. Kulihat dari jendela kamarku yang berseberangan dengan  rumahnya, Anandita baru pulang bersama seorang  pria. Mereka turun dari mobil mewah berwarna merah. Pria itu membukakan pintu mobilnya untuk Anandita. Pandanganku tak lepas dari mereka. Pria itu sangat tampan, dewasa dan karismatik. Dia pasti pacar Anandita. Mereka pasangan yang serasi.

“Hei, apa yang kau lihat?” Lolly, adik perempuanku, tiba-tiba muncul membuyarkan semuanya. Aku memelototinya yang berdiri di belakangku. Dia melihat ke arah pandanganku tadi.

“Anandita…” Lolly bergumam. “Kau menyukainya ya?” Aku jadi salah tingkah.

“Aku?” Aku menuding diri sendiri. “Mana mungkin. Dia baru tiga hari bertetangga dengan kita. Aku belum mengenalnya.”

“Pasti kau mengaguminya. Dia sangat cantik. Mana ada laki-laki yang tidak mengaguminya.”

“Cowok itu pasti pacarnya. Mereka pasangan yang sempurna. Menurutku cowok itu jauh lebih dewasa daripada Anandita. Mungkin bekerja di kantoran. Barangkali pengusaha.” Mataku memperhatikan mereka yang berjalan menuju masuk pintu rumah Anandita.

“Entahlah. Tapi yang pasti Anandita itu sangat ramah.” Aku menoleh pada Lolly. Dari mana dia tahu?

“Tadi pagi Anandita menyapaku. Aku sedang menyapu halaman dan dia sedang berolahraga,” ujar Lolly bangga, seolah tahu apa yang sedang kupikirkan. “Makanya, kau bangun pagi-pagi jika ingin menyapanya. Mungkin saja ‘kan pria itu bukan pacarnya, sehingga kau bisa mendekatinya.”

Kupikir Lolly benar. Sepertinya Anandita memang jarang keluar rumah. Kalau ingin menyapanya, saat dia berolahraga. Dari Lolly juga aku tahu bahwa Anandita mahasiswi Kedokteran, yang masih semester awal. Aku penasaran, di mana aku pernah melihat Anandita?

***

Advertisements