Cerpen Kartika Catur Pelita (Fajar, 07 April 2019)

Rapor Berlilit Tali Pramuka ilustrasi Aan YS - Fajarw
Rapor Berlilit Tali Pramuka ilustrasi Aan YS/Fajar

“Hari ini pembagian rapor kenaikan kelas. Ada tiga pengumuman penting yang Ibu sampaikan. Pertama, Ibu bangga karena ranking pertama paralel ada di kelas ini. Bayangkan, dari 160 siswa kelas VIII, ranking satu ada di kelas VIII B ini. Kedua, rapor akan Ibu bagikan sesuai nomor urut absen. Ketiga, anak yang belum bayar SPP dan belum melunasi uang sumbangan sekolah, maka rapor tidak akan diberikan!”

Siti merasa pandangan mata Bu Wilda, wali kelasnya, menunjuk padanya. Sebentar hening suasana kelas, kemudian dengan gaya khasnya, Bu Wilda membagikan rapor.

“Ahmad Zainuri!”

Bocah berseragam putih- biru bertubuh jangkung santun menerima rapor. Semringah. Terbayang liburan yang dijelang.

“Dewi Talissa Amelia.”

Maka, Tina, gadis ayu bersih maju ke depan. Riang menyambut rapor. Membukanya sekilas. Tersenyum riang. Tak sabar untuk berbagi kabar pada orang tua, yang menjanjikan liburan ke wisata impian, jika nilainya baik. Ia sekarang sudah membuktikan. Meski nilai didapat dari hasil contekan.

“Rezza Zulkarnaen!”

Teruna bertubuh atletis maju dan menerima rapor. Ia tergesa melangkah ke luar. Dag-dig-dug. Hari-hari belakangan ia kendor belajar, lebih rajin trek-trekkan dan main futsal bareng teman, hingga nilainya keteteran. Entahlah. Ia agak takut kalau orang tuanya kecewa dan memarahinya.

41 siswa sudah dipanggil. Tinggallah di kelas, —Bu Wilda—yang masih memegang sebuah rapor di tangannya, dan Siti yang termangu di tempat duduk.

Siti takut-takut melangkah menghampiri meja BuWilda. Suasana sesaat hening. Cicak berkejaran di langit, tapaknya seperti terdengar keras. Entah.

“Siti Prihatini,“ Bu Wilda menyebut nama, pelan menggumam.

Siti menghampiri, semakin mendekati. “Iya, Bu Guru. Saya…”

“Kemarilah…”

Siti melangkah semakian lamat, dan menghampiri meja bu guru. Siti duduk di kursi yang tiba-tiba terasa panas menyengat pantat. Ia tegang. Resah nian.

Advertisements