Cerpen Yuditeha (Radar Selatan, 28 Januari 2019)

Gelap Mata ilustrasi Radar Selatanw.jpg
Gelap Mata ilustrasi Radar Selatan 

Sebagian orang meyakini bahwa tidak sulit untuk menjadi cengeng dan murka, cukup d engan kasmaran, orang akan langsung bisa begitu. Tak terkecuali dengan kisah tentang Gorka dan kekasihnya. Gorka dikenal sebagai lelaki kuat, tegardan mandiri. Dalam usiateramat muda, dia telah menafkahi hidupnya sendiri. O rangtuanya sudah lama ti ada. Mungkin karena dia berasal dari keluarga melarat hingga sejak kecil sudah terbiasa dengan kerja keras. Selain itu dia juga dikenal sebagai lelaki yangbaik, orang-orang menyebutnya alim. Tak ada kenakalan besar yang selama ini mampir di kehidupannya, bahkan saking alimnya sampai masalah hubungan asmara saja juga belum pernah dilakukan, atau mungkin tidak berani melakukan karena merasa kurang percaya diri.

Pada awalnya dia bekerja sebagai office boy di Mai Rembulan, dan tak butuh waktu lama dia langsung menduduki jabatan pimpinan program di Mai tersebut. Apa yang terjadi di kehidupan Gorka ini mungkin bisa dimasukkan dalam kategori ungkapan berikut: karir yang lancar tak selalu membuat efek baik bagi pelakunya. Entah apa yang jadi penyebab, setelah menduduki jabatan itu, Gorka menjadi lebih mudah tergiur melakukan kenakalan-kenakalan. Mungkinkah kadar keteguhan iman yang dia punyai selama ini kurang kuat? Sehingga pada saat keadaan hidupnya tiba-tiba lebih mudah terjalani, ada sesuatu yang muncul di dalam dirinya, semacam rasa pe nasaran terhadap apa yang selama ini tak dijamah, termasuk kenakalan dalam kisah asmara.

Kalian pasti mengira bahwa laju karir Gorka tersebut tidak sehat, dan itu dugaan yang masuk akal. Begitu juga yang mungkin dipikirkan orang, atau paling tidak akan memunculkan sebuah tanya: ada hubungan apa antara Gorka dengan atasannya? Atas dasar pertanyaan itu mereka menduga karir Gorka yang cepat menanjak tersebut pasti karena bantuan dari atasannya. Pada kenyataannya sesekali mereka memang terlihat jalan bareng. Informasi penting yang dapat dikaitkan dengan kisah tersebut, ada orang yang mengatakan bahwa atasan Gorka seorang gay. Dari situlah orang-orang mulai meyakini bahwa antara Gorka dan atasannya telah terjalin hubungan cinta sesama jenis.

Meski banyak orang mendengar berita itu, tapi mereka tidak ada yang lantas berusaha mengusik hubungan Gorka dan atasannya, karena mereka pikir hal itu sudah menjadi masalah pribadinya. Tapi kabar lain justru tiba-tiba mengemuka, yaitu Gorka kini telah punya kekasih. Dia dikabarkan menj alin hubungan dengan sal ah satu perempuan yang menjadi relasi bisnisnya. Dan perempuan itu tidak tahu bahwa sesungguhnya Gorka punya hubungan asmara dengan atasannya.

Advertisements