Cerpen Edi AH Iyubenu (Kedaulatan Rakyat, 21 Oktober 2018)

Kutunggu Kamu di Selat Bosphorus ilustrasi Joko Santoso - Kedaulatan Rakyatw
Kutunggu Kamu di Selat Bosphorus ilustrasi Joko Santoso/Kedaulatan Rakyat

AKU sungguh lelaki asing paling beruntung di kota ini!

Kau bayangkan, setelah menelan kecewa sebab Darvish Dance yang dijadwalkan tampil di kafe yang kutunggui sejak pukul 19.00 tak pernah dipentaskan, handphoneku berdering.

Aysila!

Ia berkata betapa sangat inginnya ia meneleponku sejak sehabis Maghrib tadi, tetapi ia terlampau sibuk. Hemm, kamu pasti sibuk dengan lelaki kurus itu, kan?

“Jadi, kapan kamu akan mengunjungi Selat Bosphorus?”

“Besok, begitu rencanaku.”

“Mau kutemani?”

Demi apa aku tidak akan berkata, “Iya iya iya”?! Tapi, tentu saja aku takkan senorak itu, meski dadaku tiba-tiba kembali terhuyung. Aysial, Aysila….

Tunggu aku di dermaga kecil di Selat Bosphorus, di seberang Boozcada Cafe. Hei, aku hampir lupa, besok kamu harus membelikanku balik ekmek ya.”

“Iya,” jawabku, dan dampak iangan suaranya membuatku semalaman tak bisa memejamkan mata! Kurang ajar sekali memang perasaan suka itu, ya.

Di pagi yang sebenarnya masih teramat dini untuk keluar dari Olimpiyat Hotel, yang menyebabkanku sontak dihantam habis-habisan oleh terpaan angin musim dingin yang membuat hidung dan mulut bagai berkumur uap sauna, aku telah membelah jalanan menuju Selat Bosphorus. Haaaa, aku tertawa dalam hati, tepatnya mentertawakan semangatku. Ternyata benar, semangat mampu menjadikan segalanya jadi menggairahkan.

Kuayunkan langkah-langkah panjang melintasi taman luas di Hippodrome, yang di tengahnya berdiri dua buah obelisk dan satu pilar batu yang julang sekali. Dedaunan meranggas dihajar musim dingin. Beberapa bangku taman terlihat basah menyisakan bekas ciuman angin dingin semalam. Tak ada seorang pun yang kupapasi di sini. Sepi. Lalu, kuteruskan langkah ke jalanan berkonblok yang bersisian dengan Hagia Sophia. Kutoleh sekilas bangunannya yang kecokelatan, juga taman di seberangnya yang membeku.

Advertisements