Cerpen Gita FU (Rakyat Sumbar, 14-15 Juli 2018)

Jangan Jadi Pelari, Erina ilustrasi Rakyat Sumbar.jpg
Jangan Jadi Pelari, Erina ilustrasi Rakyat Sumbar 

CEWEK SMA berambut ikal sebahu masuk ke kios penyewaan bukuku. Aneh, seharusnya pada jam delapan seperti ini cewek itu sedang di kelas, bukan? Kupikir dia pasti tengah bolos.

“Mas, kalau mau sewa di sini syaratnya apa?” tanyanya tanpa sungkan.

“Jadi anggota dulu, Dik,” jawabku pendek. Cewek itu manggut-manggut lalu sibuk menekuri judul-judul buku.

“Mas, aku numpang baca di sini, ya?” Tak lama dia kembali bersuara. Di tangannya sudah tergenggam Breaking Dawn-nya Stephanie Meyer.

“Wah, maaf, Dik. Aturan mainnya nggak begitu. Kalau ingin baca kamu harus sewa. Dan untuk menyewa, ya daftar dulu,” cerocosku. Aku tak ingin memberi toleransi karena tak baik buat bisnis.

“Apa syarat pendaftarannya?”

“Cukup isi formulir ini, kasih fotokopi kartu identitas, bayar uang pendaftaran. Nanti kamu dapat kartu anggota Kios Baca Doraemon, dan bisa sewa buku dengan jangka waktu empat hari.”

“Duh, ribet!” keluhnya.

“Kalau mau baca di tempat dan gratis, ya ke perpustakaan sekolah atau daerah,” balasku pedas.

Dia terdiam. Setelah itu aku tidak lagi mempedulikannya. Dan sekira jam sembilan para pelangganku berdatangan. Kebanyakan adalah mahasiswa Unsoed, karena lokasi lapakku memang berdekatan dengan kampus.

Baca juga: Paris, Saat Cinta Datang dan Pergi – Cerpen Faris Al Faisal (Rakyat Sumbar, 26-27 Mei 2018) 

Kesibukanku berlanjut hingga dua jam. Begitu sepi, kuregangkan tubuh. Biasanya lepas tengah hari nanti kios ramai kembali.

Sekarang waktunya aku membeli nasi bungkus untuk makan siang.“Lho! Kamu masih di situ?” Kaget, kudapati cewek SMA tadi sedang berjongkok di pojok sebelah luar.

Apalagi dia tengah asyik membaca novel Twilight. Cewek itu buru-buru berdiri.

“Maaf, Mas! Habis aku penasaran sama endingnya Bella dan Edward.”

Aku gemas sekali hingga hilang akal, harus kuapakan kelancangannya? Tiba-tiba dia mengeluarkan dompet, lalu menyodorkan selembar uang lima ribu.

Advertisements