Cerpen Asmadji As Muchtar (Kedaulatan Rakyat, 14 Januari 2018)

Pidato Politik ilustrasi Joko Santoso - Kedaulatan Rakyat.jpg
Pidato Politik ilustrasi Joko Santoso/Kedaulatan Rakyat

PRASTOWO, sebagai pimpinan partai akan menggelar pidato politik dalam menyambut datangnya tahun politik. Karena Prastowo menjadi tokoh oposisi, pidato politiknya tentu sangat menarik perhatian publik. Semua media pun pasti akan meliput dan menyiarkannya langsung.

Selama menjadi elite politik, Prastowo dikenal suka menonjolkan sikap yang mengharukan. “Kalau hanya ingin menyampaikan keluhan, untuk apa menggelar pidato politik? Rakyat sekarang semakin cerdas, sudah mengerti mana keluhan yang mengada-ada dan mana keluhan yang memang layak untuk diutarakan,” tutur tokoh partai anggota koalisi yang mendukung pemerintah dalam wawancara yang disiarkan tv.

“Mudah-mudahan pidato yang akan disampaikan itu mencerminkan kedewasaan politik, bukan sebaiknya mencerminkan kekanak-kanakan dalam berpolitik,” ujar ketua partai lain yang mendukung pemerintah.

Toa – Cerpen Herumawan PA (Kedaulatan Rakyat, 02 September 2018)

Dari Istana Negara juga muncul respons negatif terhadap rencana pidato politik yang akan digelar Prastowo.

“Apa yang perlu disampaikan lewat pidato politik? Keadaan bangsa dan negara saat ini baik-baik saja. Kalau pidato politik itu akan berisi pujian terhadap kinerja pemerintah, itulah yang kami harapkan. Sebaliknya, tentu akan kami sesalkan kalau isi pidato politik justru menghujat pemerintah sehingga berpotensi mengganggu kenyamanan bersama,” tutur Juru Bicara Kepresidenan.

Advertisements