Cerpen Irul S Budianto (Banjarmasin Post, 10 Desember 2017)

Kalung dan Ular di Mata Triman ilustrasi Rizali Rahman - Banjarmasin Post Group.jpg
Kalung dan Ular di Mata Triman ilustrasi Rizali Rahman/Banjarmasin Post Group

Sudah beberapa hari ini kepala Triman terasa berat. Memikirkan Peni, istrinya yang tiba-tiba minta dibelikan kalung emas. Untuk memenuhi keinginan Peni jelas bukan perkara mudah. Harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit menurut ukuran Triman.

Sebagai buruh serabutan yang hasilnya tak menentu, hasil yang didapatkan sudah amat disyukuri jika bisa digunakan untuk makan bersama anak dan istrinya dalam setiap harinya. Tapi jika sekarang harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membelikan kalung emas, mau tidak mau membuat Triman harus berpikir seribu kali.

“Cepat dibelikan ya, Mas.” Permintaan Peni yang terlontar siang tadi kembali terngiang di telinga Triman. Permintaan seperti itu mungkin biasa bagi keluarga yang berkecukupan, tapi tidak dengan Triman. Permintaan itu dirasakan seperti hantaman keras yang mengenai kepalanya.

Terbawa beban pikiran seperti itu membuat mata Triman malam ini sulit dipejamkan. Meski telah dicoba berulang kali tetap saja tak bisa tidur. Triman pun kemudian bangkit dan duduk di pinggir tempat tidur. Sesekali menarik napas panjang sambil menatap Peni yang tengah tidur pulas. Sesaat kemudian ia berdiri dan berjalan pelan keluar kamar.

Di teras rumah, Triman duduk di kursi kayu yang sudah lapuk dimakan usia. Matanya menerabas kegelapan malam. Dengan cara itu siapa tahu beban pikirannya jadi lepas. Tapi tidak, permintaan Peni yang ingin dibelikan kalung emas menghiasi kepalanya.

Tapi di balik kegundahannya itu Triman pun menyadari selama tiga tahun menikah memang belum pernah membelikan sesuatu yang berharga kepada istri yang dicintainya itu. Dalam ingatan Triman ketika Peni dinikahi dulu sebenarnya membawa perhiasan yang cukup. Tapi perhiasan seperti kalung, gelang dan cincin itu akhirnya ludes dijual untuk biaya periksa kandungan sampai melahirkan anaknya.

Advertisements